Kolaborasi Strategis antara Zakat dengan Tentara

q

Oleh: Prof Dr Bambang Sudibyo, MBA, CA  /Ketua Baznas Pusat

Cinta Tanah Air adalah sebagian dari Iman. Peribahasa ini tepat untuk mengungkapkan strategisnya kerjasama antara fungsi dan peran zakat dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sang “penjaga” keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebagai lokomotif gerakan zakat nasional, peran BAZNAS memiliki nilai bhakti pada rakyat dan negara, seperti halnya TNI.
Terdapat paling tidak dua hal strategis dalam kolaborasi ini. Pertama, tentang Ruh. Kerjasama ini diperlukan sebab menjaga keutuhan NKRI bukan hanya perkara kuat dan aman pada keamanan fisik, tetapi juga keamanan ruh yang menjadi bagian dari keimanan.

Kedua, tentu saja fisik. Dana zakat yang terkumpul dapat dirasakan oleh rakyat Indonesia hingga menyentuh ke pedalaman dan perbatasan negeri ini. Potensi penghimpunan zakat di lingkunganTNI sbesar Rp46,9 Miliar.
Di UPZ Markas Besar (Mabes) TNI saja, penghimpunan zakat tahun 2018 sebesar Rp3 Miliar. Tren penghimpunan di UPZ Mabes TNI terus meningkat, begitu pula dengan jumlah muzakinya.
Pengumpulan zakat ini diwujudkan dengan program penyaluran yang sangat bermanfaat bagi mustahik, mulai dari santunan untuk ribuan anak yatim dan veteran hingga bantuan ambulans untuk membantu masyarakat pada daerah terluar Indonesia.

Tak hanya itu, BAZNAS dan TNI juga membantu warga desa di Cianjur dan Lampung untuk dapat menikmati terangnya lampu. Ada pula pendirian Rumah Tinggal Layak Huni (RLTH) bagi masyarakat yang sangat membutuhkan.
Terhitung dari tahun 2016 hingga 2018, terdapat sebanyak 4.586 jiwa penerima manfaat.
TNI dengan kekuatan jumlah personil dan menyebar di seluruh wilayah Indonesia hingga pada titik paling sulit ditembus oleh masyarakat awam, juga menjadi aset penting.

Saat ini juga tengah dirancang program penyaluran strategis lainnya, seperti pembangunan rumah sakit di perbatasan dan sekolah di desa terpencil.

#tni
#tentaranasionalindonesia
#ZakatTumbuhBermanfaat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *